Pada hari Jumat dan Selasa, tanggal 24 dan 28 Febuari 2017, kegiatan observasi lapangan ini diadakan di Balai Kota, Alun-alun Kota, Jalan Braga dan sekitarnya. Kegiatan dimulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 12.00, siswa dibagi dalam tiga kelompok, masing-masing kelompok terdiri dua orang.

Mereka diwajibkan untuk mencari data dan informasi dengan cara membuat kuisioner dan daftar pertanyaan singkat terlebih dahulu. Setelah itu mereka melakukan wawancara kepada para subjek nara sumber. Setiap data yang didapatkan akan digunakan untuk bahan pembelajaran yang disesuaikan dengan ide siswa dan setelah itu setiap siswa mempresentasikan hasil karya mereka di sekolah.

Pelajaran yang ter-integrasi :

PKn dan Ilmu Pengetahuan Sosial :

Setiap siswa belajar berinteraksi dengan orang lain yang baru dikenal. Setiap siswa berusaha untuk dapat melakukan wawancara dengan baik, dan sikap sopan santun yang mereka praktikan dalam menyampaikan pesan dan pertanyaan meruapakan bagian dari penerapan karakter yang diterapkan. Dalam melakukan wawancara ini juga diperlukan sikap saling menghargai dan menghormati.

Bahasa Indonesia :

Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan baik terhadap orang yang baru dikenal. Setiap siswa uga belajar menggunakan bahasa yang formal dan sopan untuk orang yang lebih tua, atau sebaya sesuai dengan tata karma berbahasa. Selain bahasa verbal yang dilakukan, bahasa tubuh yang digunakan menjadi salah satu sikap yang dibutuhkan dalam melakukan wawancara.

Translate »